Friday, 18 January 2019

CARA MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN DI THAILAND

Anda ingin tahu cara membayar pajak kendaraan motor atau mobil Anda?

Berikut adalah informasi singkat tentang dimana, apa syarat syaratnya, bagaimana prosesnya, dan berapa harganya, bila kita ingin membayar pajak kendaraan yang kita gunakan di Thailand. Kendaraan tersebut adalah kendaraan yang kita beli di Negara Thailand.





Bagi Ada yang membeli di agen penjualan kendaraan mobil atau motor biasanya mereka memberi jasa layanan pembayaran pajak. Mereka akan membantu Anda membayarkan pajak tahunan. Anda hanya menyerahkan motor/ mobil, pasport, surat-surat kendaraan dan tentunya sejumlah uang sesuai dengan biaya pajak.


Pajak kendaraan bermotor, mobil atau sepeda motor dikenai pajak tahunan. Sebagai warga asing atau pendatang yang menggunakan kendaraan yang kita beli di Thailand, kita wajib membayar pajak tahunan. Seperti halnya di Indonesia kita membayar pajak kendaraan di SAMSAT per tahun. 

Dimana Lokasi PO RO BO? 

PO-RO-BO ada di banyak tempat dengan simbol Porobo. Bila Anda melihat simbol tersebut berarti tempat itu melayani pembayaran pajak resmi. Hampir disemua propinsi dan distrik tempat anda tinggal atau bekerja. 

Caranya anda bisa cari di layanan google map. Di Chiang mai dan Bangkok sudah ada pelayanan pembayaran dengan sistem Drive Tru for Tax (baca juga Pajak Mobil di Thailand ) sistem ini lebih nyaman dan singkat.

Apa surat yang wajib dibawa?

Berikut surat-surat yang harus Anda bawa  menuju PO RO BO

1. Passport (identitas sebagai warga asing)
2. Surat Tanda Bukti Pemilik Kendaraan (warna biru atau hijau)
3. Bukti pembayaran Asuransi (Tahun sebelumnya)Jangan lupa karena tanpa surat-surat tersebut petugas tidak akan melakukan proses pengecekan kendaraan.



Bagaimana Prosesnya?

Carilah PO RO BO terdekat dari domisili Anda. Proses untuk Motor atau mobil sama tidak berbeda.
1. Serahkan kunci motor/mobil kepada petugas
2. Kita tunggu di ruang tunggu
3. Kendaraan akan dicek: emisi knalpot, mesin, kelengkapan, lampu, dan lain-lain. Proses pengecekan kurang lebih 10-15 menit.
4. Menyelesaikan administrasi dengan membayar kewajiban pajak dan asuransi
5. Bila PO RO  BO dekat dengan 'samsat' maka saat itu juga akan selesai tetapi bila lokasinya jauh maka esok hari buku dan bukti slip pajak asuransi dapat kita ambil. Tergantung jaraknya. Petugas akan memberi informasi. Jangan lupa periksa kembali surat surat nya.
6. Kemudian ganti stiker lama dengan stiker baru sebagai tanda bahwa pajak sudah dibayarkan. Tempel stiker di kaca depan pojok atas usahakan tidak menghalangi pandangan ketika Anda berkendara (Mobil) tempel stiker di bagian bawah stang (motor).





Berapa Biayanya?

Tergantung jenis kendaraan dan usia kendaraan. berikut contoh kendaraan jenis mobil.
Misalnya Honda Civic 1.8 tahun 2005 dikenai biaya total 1945 THB dengan rincian sebagai berikut.


1. Biaya pajak 1145 THB
2. Biaya pemeriksaan kendaraan 200 THB
3. Biaya Asuransi 600 THB
4. Biaya keterlambatan bayar (bila anda lewat dari masa bayar pajak)

Tips

Pada umumnya anda kesulitan berkomunikasi dengan petugas karena kendala bahasa. Anda bisa mengajak rekan Anda orang Thailand untuk membantu menerjemahkan. Anda bisa menelpon rekan Anda orang Thailand yang bisa berbahasa Inggris dan membantu Anda berkomunikasi dengan customer service di sana.

Akhirnya kita akan memiliki cap dari SAMSAT dan slip pembayaran. Kendaraan Anda sudah layak jalan dan bebas dari pemeriksaan petugas lalu lintas.



SARAN


Jangan lupa selalu menyimpan baik baik Surat Tanda Bukti Pemilik kendaraan di tempat yang aman (di rumah atau di kantor). Fotocopy Surat Tanda bukti kendaraan dan letakkan di Dasboard mobil Anda. Simpan semua slip pembayaran dan bukti asuransi jiwa Anda di dasboard kendaraan Anda.


Baca juga (Anual Tax Registration Renewal)

"Selamat berkendara, dan ingat jaga keselamatan Anda."

Penulis: Pujo Leksono
Phitsanulok, Thailand
Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Followers

Definition List

Unordered List

Support