Thursday, 3 January 2019

Kebiasaan Orang Thailand dalam Merayakan Tahun Baru

"Sawas dee pi mai krub" Demikian orang Thailand akan mengucapkan salam di awal tahun baru ini. Rekan rekan yang ingin mengisi tahun baru di Thailand harus baca hal unik tradisi di Thailand.
Tahun baru merupakan momen yang paling spesial dalam hari-hari sepanjang tahun. hari-hari menjelang pergantian tahun ini menjadi saat yang penuh suka cita bagi umat manusia.
Berikut lima  hal yang dilakukan oleh orang Thailand dalam mengisi kegiatan akhir tahun.


1. Menyalakan kembang api

Keindahan yang akan muncul saat penghitungan mundur pada detik-detik pergantian tahun. Kembang api memercik begitu indah di angkasa menandai tahun telah berganti. Di pusat pusat kota dan tepat tempat hiburan pada saat penghitungan mundur biasanya disemarakan dengan indahnya warna-warna kembang api. Orang Thailand sangat senang melihat kembang api yang melumcur menghiasi awan.

Tradisi menyalakan kembang api setiap tahun bukanlah tradisi yang berasal dari negara gajah putih ini. Benarnya ini berasal dari tradisi barat atau mungkin juga kebiasaan yang dibawa dari negara Cina. Tradisi Cina adalah menyalakan kembang api ketika peristiwa-peristiwa tertentu ketika ada upacara perkawinan atau upacara mengawali sebuah kegiatan atau pekerjaan. Budaya ini berkembang di Thailand. Kembang api yang bersinar di tengah kegelapan dipercaya sebagai keindahan pada pergantian tahun.


2. Berdoa di Vihara

Sebagai mayoritas masyarakat yang memeluk agama Budha. Orang Thailand juga melakukan kegiatan religius di vihara. Mereka memanjatkan doa-doa semoga dikaruniai berkat yang melimpah di tahun baru.
Kegiatan memohon harapan baik di tahun yang akan datang tergantung masing masing. Pergi ke vihara bukan hal yang wajib. Biasanya dimulai pukul 10.00 malam hingga pukul 01.00. Setelah melewati pergantian tahun mereka pulang ke rumah masing -masing.

3. Berkumpul dengan keluarga

Tahun baru yang merupakan hari libur di Thailand. Mereka menghentikan kegiatan pada umumnya hari-hari biasa dengan kembali pulang ke kampung halaman. mereka berkumpul dengan keluarga. Mereka saling bertemu dan ingin merasakan kehangatan keluarga bersama dalam pergantian tahun.


4. Makan minum bersama

Saat makan dan minum bersama dengan teman merupakan saat yang paling disukai. Kegiatan makan bersama ini merupakan tradisi yang selalu dilakukan orang Thaiaand tidak hanya pada malam menjelang ganti tahun. Mereka juga melakukan pada saat saat lainnya yang spesial bersama teman-teman.
Minum hingga mabuk sebenarnya kebiasaan di masa perang. Sejarah jaman dahulu minum minum hingga tak sadar diri digunakan untuk mengurangi tekanan bathin ketika suadana perang. Kali ini minum minum hingga teler ini digunakan untuk hiburan.


5. Tukar Hadiah

Tradisi ini terbilang sangat baru. Tradisi saling memberi hadiah menjadi marak di era modern sekarang ini di Thailand. Mereka menyiapkan hadiah-hadiah kecil untuk diberikan kepada sanak keluarga dan handai taulan. Tradisi ini bertujuan memupuk rasa persaudaraan dan bentuk kasih sayang satu dengan yang lainnya.

Demikian lima hal yang biasa dilakukan orang Thailand pada malam pergantian tahun.  Tidak semua tradisi di atas menjadi identitas masyarakat di Thailand. Perkembangan teknologi dan globalisasi juga mempengaruhi perubahan budaya. Di era modern sekarang ini kehidupan sosial masyarakat Thailand juga seiring sejalan. Semoga informasi ini bisa menjadi gambaran  kehidupan masyarakat Thailand dari kacamata perantau yang tinggal di Thailand. Selamat Tahun baru semoga tetap semangat berkarya dan sukses selalu di tahun berikutnya.

Salam dari Phitsanulok

Penulis: Pujo leksono

Share:

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Followers

Definition List

Unordered List

Support